Perhatikan Hal-hal ini Saat Mencuci Motor

Mencuci motor memanglah utama dikerjakan, terutama bila memanglah motor itu digunakan sehari-hari untuk mendukung semua kebiasaan Anda. Lihat motor Anda senantiasa tampak bersih serta mengilat yaitu satu kepuasaan sendiri. 


Meskipun masih tetap tidak sering turun hujan, namun debu yang melekat malah lebh beresiko lantaran minimum tak pernah terserang air untuk dibikin bersih. Debu yang melekat jumlahnya pasti banyak, bila didiamkan kurun waktu yang lama juga bakal menumpuk serta sering menyebabkan karat. 

Umum mencuci motor kerap dikerjakan seseorang diri, lantaran menurut Anda, memanglah tambah baik mencuci motor sendiri, terkecuali dari cost yang lebih murah, pastinya bakal senantiasa dibikin bersih sisi yang paling detil itu. 

Bila ada yang kotor sedikit juga juga pasti bakal segera dibikin bersih karena sangat sayangnya Anda pada tunggangan Anda. Mungkin saja dengan mencuci sendiri, semua sisi motor bakal Anda bersihkan. 

Meskipun mengilat serta semua sisi Anda bersihkan, mungkin saja ada bahaya yang meneror, terlebih apabila beberapa hal yang dilarang Anda abaikan. 

Banyak peristiwa yang berlangsung di bagian dalam tangki bensin, terutama tangki bensin motor sport yakni karat cukup kronis. Kadang-kadang hal semacam ini baru di ketahui saat tengah kuras isi tangki untuk buang kotoran yang mungkin saja terbawa bahan bakar. 



Atau yang lebih kronis yaitu bensin yang merembes bocor di bagian segi bawah. Sangat terpaksa bila itu berlangsung, mesti menggantinya dengan yang baru. Yang membingunkan yaitu bagaimanakah dapat berlangsung karat, walau sebenarnya sisi dalam tangki senantiasa terendam bensin. 

Yaitu air yang mengendap di basic tangki dari pemicu karat itu. Air itu dapat berasal berbahan bakar yang terkontaminasi atau saat mencuci motor daerah seputar sekitar tutup tangki tersemprot air bertekanan tinggi, mungkin saja berlangsung waktu kuras motor. 

Hingga hal itu sangat mungkin air masuk ke tabung bahan bakar itu. Terkecuali kemungkinan masuknya air ke sela-sela socket atau komponen listrik. 

Bukan sekedar itu, air dapat juga masuk ke selongsong kabel gas, kopling maupun rem. Mengakibatkan bisa mengakibatkan karat pada kabel. Karat itu bakal mengakibatkan gerakan kopling motor tak mulus. 

Walau dibalik tutup tangki ada cincin karet yang berperan menghindar bensin tumpah saat motor miring atau terjatuh, namun dalam tutup tangki itu ada saluran pembuangan udara. 


Di saluran itu air dapat masuk, tetapi cuma air yang bertekanan tinggi saja, bila cuma tersiram atau terserang air hujan saja sih, akan tidak masuk air itu. 

Jadi mulai saat ini, untuk Anda yang memiliki motor type sport, hati-hati waktu mencuci sisi tangkinya. 

Kalau mencuci di tukang bersihkan steam, terangkan supaya tak kuras di sekitaran tangki memakai air bertekanan. Diluar itu jauhi memiringkan motor cuma untuk bersihkan sisi kolong mesin. Berlaku untuk seluruhnya type motor yang memakai aki basah. 

Baiknya untuk mencuci kepala motor, cukup dilap saja, lantaran komponen kelistrikan juga terdapat banyak di daerah itu. Untuk menghindar hal yg tidak di idamkan, seperti korslet atau hal yang lain. 

Tambah baik yang dicuci bersih hingga mengilat istilahnya, cuma sisi kaki-kaki serta komponen bawah, upayakan komponen atas motor dicuci sekedarnya atau dilap memakai kain basah saja, dalam jok juga baiknya dilap saja. 


Sesudah mencuci motor, jangan sempat lupa untuk mengilap hingga kering lantaran dapat mengakibatkan tertinggalnya sisa-sisa oksdasi air yang membekas pada cat. Kerjakan hal semacam ini juga saat mencuci di bagian tersebut. 

1. Rantai 

Sesudah mencuci sepeda motor, sebaiknya rantai di beri pelumas (chain lube) lantaran umumnya pelumas rantai menyusut waktu kehujanan. Butuh di ketahui, janganlah bersihkan rantai dengan bensin lantaran dapat mengakibatkan karet pada sproket jadi rapuh. 

2. Standard samping serta tengah 

Bersihkan sisi ini dengan kuas atau sikat gigi serta semprotkan air supaya bersih. Kemudian sebaiknya disemprot dengan cairan anti karat, seperti WD-40 dsb. Hal semacam ini juga dikerjakan untuk standard tengah. 

3. Leher knalpot 

Lantaran panas, kotoran serta air hujan gampang jadi kering dibagian ini. Apabila dilewatkan selalu, mengakibatkan keropos. Kembali pada, bila motor diposisikan miring, air aki berisiko tumpah melalui slang hawanya. Bakal lebih kronis lagi bila motor yang akinya basah tak dilengkapi slang udara. Efek yang bakal diakibatkan, apabila air aki hingga tumpah terserang permukaan bodi atau rangka, bisa mengakibatkan kerusakan susunan catnya. 

Bahkan rawan menyebabkan karat di bagian yang terbuat dari besi. 

Diluar itu, untuk motor yang memakai rantai jenis o-ring seperti tiger dsb, janganlah sekali-kali bersihkan rantai menggunakan minyak tanah atau bensin, lantaran minyak tanah serta bensin bakal mengakibatkan kerusakan o-ring yang ada pada mata rantai. Hingga pelumas yang tersimpan didalam asnya bakal bocor. Mengakibatkan, usia rantai jadi pendek.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »